Penggunaan Blogspot dan Layanan BK dalam Penyelesaian Tugas Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19




Pandemi Covid-19 19 yang melanda dunia memberikan dampak di berbagai bidang tak terkecuali bidang pendidikan di Indonesia. Kebijakan Work From Home dalam strategi pegendalian penularan Covid-19 menjadi dasar dalam penerapan metode belajar mengajar di rumah. Hal ini memaksa semua lembaga pendidikan beralih ke digital dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh antara guru dengan peserta didik. Penerapan metode pembelajaran online memberikan pengalaman yang baru dalam metode pembelajaran saat ini. Berbagai respon masyarakat timbul menanggapi sistem pembelajaran yang relatif baru ini.


Di kota-kota besar, proses transformasi digital telah berjalan dengan cukup baik, hal ini tidak terlalu banyak menimbulkan masalah yang signifikan. Sebaliknya, bagi sebagian masyarakat, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di wilayah plosok. Berbagai daerah di Indonesia ternyata masih banyak kendala dalam proses belajar-mengajar online dikarenakan masih minimnya fasilitas internet, peralatan, kemampuan ekonomi peserta didik dalam memenuhi dana ekstra untuk kuota, kemampuan menggunakan peralatan digital dan lain sebagainya.


Perlu adanya perhatian khusus pada aspek penyelesaian tugas peserta didik pada masa pandemi covid-19. Pemberian layanan bimbingan konseling yang tepat dapat membantu guru mata pelajaran dan peserta didik dalam penyelesaian tugas yang ada. Di sisi lain Program sekolah yang memberikan alternatif untuk penyelesaian tugas peserta didik dengan datang 50 % setiap seminggu sekali. Namun hal ini tidak menyelesaiakan permasalahan yang ada. Sehingga perlu adanya layanan home visit untuk menyelesaiakan permasalahan penyelesaian tugas peserta didik yang tidak hadir ke sekolah.

Berdasarkan angket awal yang disebarkan untuk peserta didik ada 76,7 % peserta didik yang memiliki tanggungan tugas sedangkan sisanya 26,7 % tidak memiliki tanggungan tugas mata pelajaran.




Komentar